15 Feb 2011

Menjawab Tudingan Allah Bersumpah Demi Makhluk bag.2

Pertanyaan: Apakah membutuhkan sumpah hingga manusia membenarkan Allah atau untuk menegaskan firman-Nya, padahal Dia adalah Yang Maha benar? Sebab di dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa Allah ersumpah dengan waktu fajar, matahari, waktu dhuha, bulan dan makhluk lainnya.

Jawaban: Sesungguhnya segala sesuatu yang Allah bersumpah dengannya memiliki kedudukan penting dalam kehidupan manusia. Maka seakan-akan bersumpah dengan sesuatu itu untuk menarik perhatian manusia akan keutamaannya. Selain itu, Allah berhak untuk bersumpah dengan apa saja yang dikehendaki-Nya, sedangkan manusia tidak boleh bersumpah kecuali dengan nama Allah. Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang bersumpah dengan selain Allah maka sungguh dia telah menyekutukan-Nya."(HR. Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ahmad)

Silahkan penuding itu membuka kitab suci mereka dan bacalah:

Yosua_5:
(6) Sebab empat puluh tahun lamanya orang Israel itu berjalan melalui padang gurun, sampai habis mati seluruh bangsa itu, yakni prajurit yang keluar dari Mesir, yang tidak mendengarkan firman TUHAN. Kepada mereka itu TUHAN telah bersumpah, bahwa Ia tidak akan mengizinkan mereka melihat negeri yang dijanjikan TUHAN dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Yesaya_62:
(8) TUHAN telah bersumpah demi tangan kanan-Nya, demi tangan kekuatan-Nya: "Sesungguhnya, Aku tidak akan memberi gandummu lagi sebagai makanan kepada musuhmu, dan sesungguhnya, orang-orang asing tidak akan meminum air anggurmu yang telah kauhasilkan dengan bersusah-susah;

Matius_23:
(20) Karena itu barangsiapa bersumpah demi mezbah, ia bersumpah demi mezbah dan juga demi segala sesuatu yang terletak di atasnya.
(21) Dan barangsiapa bersumpah demi Bait Suci, ia bersumpah demi Bait Suci dan juga demi Dia, yang diam di situ.
(22) Dan barangsiapa bersumpah demi sorga, ia bersumpah demi takhta Allah dan juga demi Dia, yang bersemayam di atasnya.

Mazmur_110:
(4) TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek."

Kejadian_22:
(16) kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri--demikianlah firman TUHAN--:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,

Wallaahua'lam.

Tidak ada komentar: